• SMK MA'ARIF WALISONGO KAJORAN
  • Smart, Religious, Professional
  • smkmwalisongokajoran@yahoo.com
  • (0293) 3195678
  • Pencarian

ASPAL W9 ( Anak Sekolah Pecinta Alam SMK Ma'arif Walisongo Kajoran )

Mendengar kata pecinta alam pasti yang terbayang adalah sekelompok orang yang gemar mendaki gunung, dan mengunjungi tempat-tempat yang eksotis.

Sebenarnya pecinta alam memiliki makna yang sangat luas, yaitu seseorang yang mencintai bumi, gunung, laut, termasuk mencintai sesama manusia dan Tuhan YME.

Mencintai alam, berarti juga mereka harus ikut menjaga dan melestarikan alam. Pecinta alam memiliki moral dan aturan yang harus dipegang. Moral dan aturan itu adalah ikut menjaga dan melestarikan alam. 

Semua orang berhak mengklaim bahwa dirinya adalah pecinta alam. Meski demikian banyak orang yang kurang memaknai arti pecinta alam dengan melakukan foto selfie di alam terbuka dan mengklaim dirinya sebagai seorang pecinta alam.

Terkadang kita juga lupa telah melakukan tindakan tidak terpuji lainnya saat melakukan penjelajahan di alam. Seperti memetik bunga, daun, dan tanaman yang tumbuh di alam.

Untuk lebih memaknai arti  pecinta alam, mari kita belajar etika dan moral yang harus kita jaga ketika bepergian ke alam. 

1. Jangan mengambil sesuatu selain foto

Di era modern berfoto adalah sesuatu yang biasa dilakukan. Semua kegiatan tak lepas dari bidikan kamera. Apalagi saat kita berkunjung ke tempat wisata, tujuan utama bahkan bukan untuk menikmati alam tetapi mengambil foto alam dan diri sendiri. Saat kita menjelajah keindahan alam hal yang sering kita utamakan adalah berfoto, baik bersama sahabat atau selfie. Mengambil foto diperbolehkan dalam peraturan yang berlaku. Walaupun diperbolehkan, saat berfoto juga harus mengikuti etika yang berlaku. 

Jangan meninggalkan sesuatu selain jejak

Saat kita menjelajah alam kita harus menjaga tempat kunjungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Buang bekas makanan dan sampah pada tempatnya. Seandainya tidak ada, tak apalah kita bawa kembali sampah tersebut dan mencari tempat sampah yang ada. Membuang sampah sembarangan dapat berdampak besar. Misalnya membuang sampah di puncak bukit menyebabkan  terjadinya kebakaran hutan. Sampah tersebut semakin lama semakin kering dan menimbulkan gesekan yang dengan benda sekitar. Gesekan yang terjadi antara sampah kering dan benda tersebut bisa membakar tempat tersebut.

Selain soal sampah, pecinta alam juga tidak boleh meninggalkan kerusakan yang kita buat sendiri. Seperti saat kita mengunjungi tempat wisata bunga, jangan pernah merusak hanya demi mendapat kesenangan belaka. Ingat, mencintai juga harus merawat dan melestarikan. Jadi, tinggalkan jejak saja sebagai kenangan kunjungan di tempat tersebut.

Jangan membunuh sesuatu selain waktu

Menjelajah alam adalah sesuatu yang menyenangkan. Benar-benar menyenangkan hingga sering orang tersebut lupa waktu. Saat bersenang-senang kita sama saja dengan membunuh waktu. Tapi, waktu yang dibuang memang bermanfaat karena mendapat banyak pengalaman dan kenikmatan tersendiri. Maksud dari membunuh sesuatu adalah harus melestarikan segala unsur alam, terutama unsur biotik.

Tumbuhan adalah unsur alam biotik yang juga harus dirawat. Biasanya ada yang sering lupa untuk menjaga tanaman di sekitar kita karena saking senangnya dengan keindahan alam. Kerusakan yang sering kita buat adalah mengambil dahan dari pohon, mematahkan ranting pohon, dan memetik bunga yang seharusnya mekar. Walaupun tindakan tersebut terkesan sepele, tapi berakibat pada fungsi pertumbuhan tanaman. Jangan bunuh keindahan alam, bunuh waktu kalian dengan hal positif tanpa merugikan makhluk hidup lain!

Menurut Anggota pecinta alam kegiatan inti pecinta alam adalah menjaga, melindungi, serta tidak merusak alam.

Sebagai pecinta alam, kita harus menjalankan peraturan yang sudah ditetapkan. Setiap organisasi pecinta alam memiliki peraturan yang berlaku jika melanggar peraturan tertentu. semua orang berhak mengklaim dirinya pecinta alam. Walaupun mereka tidak terikat peraturan dan sanksi tegas, tapi mereka harus memiliki kesadaran untuk menjaga dan melestarikan alam. Kesadaran tersebut bisa dipupuk dengan menyatukan diri dengan alam, anggap semua benda yang ada disekitar adalah diri kalian.

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMK Ma'arif Walisongo Kajoran Sekolah Meyenangkan

Sekolah menyenangkan adalah sekolah yang memberikan tantangan bagi siswa. Dengan kata lain, sekolah yang menyenangkan dapat diartikan sebagai wahana yang aman dan menyehatkan serta memb

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 32 kali
Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Kemajuan Bangsa

SMK Ma'arif Walisongo Kajoran sudah mengimplementasikan pendidikan karakter  dalam pembelajaran. Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (dikutip dari kemendikbud.go.id., 2011

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 25 kali
Pembiasaan Membaca melalui Literasi Al-Qu'an

SMK Ma'arif Walisongo Kajoran adalah salah satu sekolah yang saat ini menjadi favorit dikalangan peserta didik dan para orang tua. Dengan itu, sebagai Kepala Sekolah  terus meningk

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 26 kali
Sholat Berjamaah membuat Kedisiplinan Siswa SMK Ma'arif Walisongo Kajoran Meningkat

Sholat berjamaah mempunyai berbagai keutamaan. Di antaranya mendapatkan pahala 27 derajat dibandingkan dengan salat sendirian. Sholat berjamaah juga dapat memperkokoh persatuan dan kes

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 20 kali